Senin, 14 September 2009

kompas dan kemudi 1

1. Kapal mulai memperoleh medan magnet yg permanen adalah pada waktu kpl sedang di bangun diatas galangan kpl. Karena pengaruh-pengaruh :

Jawab:
  • - Haluan pembangunan dimana bagian yg Mengarah ke UM akan memperoleh Polaritas utara ( merah ) dan bagian Yg mengarah ke SM memperoleh Polaritas selatan ( biru )
  • - Getaran-getaran vebriasi selama pemBangunan oleh karena getaran yg terus menerus,maka besi keras tsb akan menjadi magnetic yg tetap.
  • - Letak geografis galangan
  • - Kapal memperoleh medan magnet yg remanen hal ini timbul lambat laun apabila kpl dlm pelayaran / dipelabuhan mengarah pd satu haluan yg sama / lamanya wkt kpl mengemudikan haluan yg sama
  • - Adanya anggukan dan getaran kpl
  • - Lintang tempat kapal (posisi) terkuat pd lintang yg rendah.

2.Pada kapal niaga umumnya koefisien A dan E tdk timbul krn nilainya=nol hal ini disebabkan pd kpl2 niaga tsb terletak besi lunak , Sudah simetris terhadap letak kompas. Sebab2 yg non magnetic dari koef.A
Jawab:

  • - Karena salah kolimasi yaitu apabila Susunan jarum kompas magnet tdk sejajar dgn garis jarum U/S magnet
  • -Jika garis layer (lubber line)tdk dpt Menunjuk garis membujur kapal (diluar Bidang lunas).
  • -Jika pelorus yg dipakai utk penentuan Deviasi, garis U/S tdk sejajar dgn lunas kapal.

3. Urutan pemasangan korektor2 pd proses penimbalan kompas (swinging ship)menurut Hm yg dikemudikan
Jawab:

  • - Korektor besi lunak
               -batang flenders
               -bola2
  • - Magnet senget
  • - Magnet horizontal ;
            - Korek P membujur
            - korek Q melintang
  • Harus bertindak demikian/korektor besi Lunak dipasang lebih dahulu kare besi Lunak mempunyaikerentanan yg tinggi (mudah terinduksi)yg penting sehingga ia akan Segera beraksi terhadap setiap perubahan Semu dlm arah dan kekuatan medan yg Menginduksi.
4.Yang harus diperhatikan pada pemasangan korektor2 magnet
Jawab:
  1. - Type kapal
  2. - Daya olah gerak
  3. - Kondisi cuaca
  4. - Kapal yg baru
  5. - Kapal yg memiliki keadaan magnetic Yg sudah mapan.
Jauhnya >2x panjangnya sendiri terhadap Susunan pedoman dihitung dari titik pusat Ketitik pusat karena utk menghasilkan Medan magnet yg tetap ditempat pedoman Serta mengurangi induksi didalam korektor
Besi lunak.Batang flinders tdk perlu dipasang bagi kpl Yg tidak banyak berubah dalam posisi Lintangnya. Ditempat itu dapat dianggap Bhw nilai C x tgn I adalah tetap dan penimbalan hanya dilakukan oleh magnet membujur.

5. Jelaskan tentang proses yg ditempuh oleh Gyroscope (bebas) sehingga menjadi alat utk menentukan arah2 (kompas gyro) sehubungan dgn perubahan bentuk edaran ujung poros gasing di angkasa.
Jawab:

Poros dari suatu gasing yg berputar sangat Cepat yg terpasang bebas dlm 3 bidang Akan menunjukkan dgn sebuah ujungnya Kesatu titik tetap diangkasa sebagai akibat Perputaran bumi (rotasi)maka arah suatu Titik tetap diangkasa itu selalu berubah terHadap bidang derajah seorang penilik diBumi,apabila poros gasing itu dgn sebuah Ujungnya diarahkan kesuatu bintang maka Perpanjangan poros gasing itu akan menja
Lani sebuah lingkaran yg jatuh =lingkaran Harian bintang tsb.jadi poros gasing itupun Tetap mengarah ke bintang itu.

Tidak ada komentar: